PERSONAL KONTAK

DENI SETIA WAHYUDI 081 220 485 615

Senin, 05 April 2010

Mengenal SiMaDe (Sistem Informasi Manajemen Desa)


I. SEKILAS TENTANG SIMADE

SimaDe lahir dari kepedulian dan keprihatinan melihat kenyataan yang ada di kantor desa/kelurahan. Sebuah fakta yang sudah seharusnya segera dicarikan jalan keluarnya. Sebuah fakta ketika harus mengurus surat-surat di kantor desa. Layanan perangkat desa dirasa terlalu lama. Mulai dari mencari data diri pemohon surat sampai dengan mengetik satu persatu data diri yang harus dimasukkan ke blangko surat. Semua begitu lama dan tidak efektif. Dari kejadian sederhana inilah kemudian lahir apa yang akan kita kenal dengan nama SimaDe (Sistem Informasi Managemen Desa).



Sebuah program aplikasi yang dirancang, diobservasi dan diwujudkan dalam kurun waktu yang tidak singkat. Program aplikasi yang khusus dirancang untuk diaplikasikan di pemeritahan desa/kelurahan, yang mana pemeritahan desa merupakan ujung tombak dari pemerintahan secara nasional. Program ini juga didesign sesederhana mungkin tetapi mampu memberikan kemanfaatan yang tinggi. Sederhana karena design interfacenya yang mudah dipahami/dijalankan olah operator komputer yang belum mahir sekalipun. Akan tetapi program ini terbukti mampu menjawab persoalan administrasi desa yang cukup komplek. SimaDe bekerja dengan cara mengolah database kependudukan menjadi lebih dari 35 kebutuhan administrasi desa/kelurahan
Dengan SimaDe maka semua pekerjaan layanan surat-surat kepada masyarakat, termasuk laporan ke pihak kecamatan bahkan sampai keperluan penyusunan daftar hak pilih pemilu semua bisa dikerjakan dalam waktu yang singkat dengan hasil yang akurat. SimaDe juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan penyajian informasi profil desa dengan sangat cepat dan akurat. Bahkan sampai fitur untuk menghitung rekapitulasi uang pungutan harian berdasarkan jumlah surat yang dikeluarkan oleh desa. Ini sangat membantu untuk kepentingan monitoring, terhadap jalannya pemerintahan desa.
Dalam perjalanannya Program SimaDe telah banyak mengalami penyempurnaan, sehingga diharapkan Program SimaDe ini benar-benar menjawab kebutuhan pemerintah desa/kelurahan.
Kami juga menyadari bahwa program ini tidak berarti banyak tanpa peran serta perangkat desa/keluraan yang mengoperasikannya. Selanjutnya kami juga menerima saran dan kritik dalam rangka penyempurnaan Program SimaDe dikemudian hari.


II. SIMADE MEMBUAT SEMUA MEJADI EFEKTIF DAN EFISIEN
Bagian ini akan memberikan beberapa contoh, bagaimana program SimaDe ini bekerja dengan sangat efektif dan efisien.

a. Pekerjaan layanan surat-surat mutasi penduduk yang paling banyak dilayani seperti surat pindah, surat datang, surat kelahiran dan surat kematian bisa dikerjakan dalam waktu kurang dari 1 menit. Sebagai contoh, ketika ada mutasi pindah penduduk, maka kita tinggal memasukkan penggalan nama atau nama lengkap pemohon surat, maka secara otomatis program akan mengisi data diri penduduk yang kita maksud secara lengkap, cepat dan akurat. Kita tidak perlu lagi memasukkan satu demi satu data diri sesuai isian blangko surat. Sehingga surat pindahpun akan tercetak dalam waktu tidak lebih dari 1 menit. Selanjutnya program SimaDe akan mengeluarkan atau menandai penduduk yang bersangkutan dari data induk penduduk, sehingga yang bersangkutan tidak bisa dilayani lagi dalam hal apapun dengan menggunakan program Simade. Tetapi program Simade akan mencatatnya dalam daftar mutasi. Begitu juga sebaliknya jika ada penduduk datang maka secara otomatis akan menambah jumlah data induk penduduk. Dan semua proses ini dilakukan oleh program dalam waktu yang sangat singkat dan dengan hasil yang sangat akurat.

b. Contoh lain adalah ketka kita harus menyiapkan seluruh data penduduk lengkap dengan segala latar belakang identitasnya, maka juga dalam waktu yang relatif singkat kebutuhan data itu akan terlayani. Termasuk kalau kita membutuhkan data anak balita, atau usia wajib belajar, atau informasi anggota keluarga, informasi penduduk berdasarkan jenis kelamin, agama, pekerjaan, pendidikan, jumlah penduduk per RT atau per RW dan selanjutnya data penduduk dalam satu wilyah desa/kelurahan.

c. Ini adalah contoh pekerjaan Program SimaDe yang paling banyak mendapat tanggapan positif, yaitu ketika pemerintah desa/kelurahan harus menyusun daftar hak pilih sementara dalam pemilu. Maka Program ini akan secara otomatis memfilter semua penduduk yang sudah berusia 17 tahun atau pernah menikah sampai dengan hari H pemilihan dilaksanakan. Program SimaDe ini akan bekerja secara dinamis, artinya usia penduduk akan diperhitungkan secara real time atau usia pada saat data diperlukan. Format cetaknyapun sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mampu menghindari adanya perbedaan TPS (Tempat Pemungutan Suara) antara anggota keluarga. Tentu saja hal ini sangat berbeda kalau kita perbandingkan dengan mengerjakan hal yang sama dengan cara manual. Kenyataannya menunjukkan bahwa untuk menyusun daftar hak pilih pemilu memerlukan waktu yang sangat lama bahkan bisa berari-hari dan dari segi biaya tentunya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Maka SimaDe memberikan solusi yang begitu cepat dan akurat.

d. Contoh lain adalah, ketika aparat desa harus melayani permohonan surat nikah. Jumlah blangko yang harus diisi cukup banyak, mulai dari N1 sampai dengan N7. Setelah kita amati pekerjaan ini memakan waktu tidak kurang dari 30 menit bahkan lebih. Dengan SimaDe pelayanan surat nikah bisa dilayani dalam waktu kurang dari 3 menit, Efisiensi waktu yang sangat signifikan.

e. Laporan bulanan yang menjadi kegiatan rutinpun sudah bisa didapatkan dari Program Simade ini. Laporan tentang perubahan penduduk berikut dengan mutasinya akan secara otomatis termutakhirkan. Kondisi penduduk awal bulan, mutasi lahir, mati, datang, pergi dan akhirnya muncul kondisi penduduk akhir bulan akan tergarap dengan sendirinya dengan tingkat akuras data yang sangat tinggi.

f. Program Simade ini juga akan secara otomatis merekam semua surat-surat yang pernah dikeluarkan desa, ke dalam catatan agenda surat keluar. Ini akan sangat membantu manakala kita memerlukan pelacakan terhadap surat-surat yang pernah desa keluarkan berikut tanggal dan peruntukannya.

g. Dan masih banyak contoh pekerjaan yang bisa di handle olah program SimaDe ini, tidak kurang dari 35 layanan SimaDe yang siap menyajikan keperluan administrasi desa/kelurahan dengan cara yang sangat efektif dan efisien.

Pada akhirnya , ketika Program aplikasi SimaDe ini benar-benar sudah digunakan, maka pihak yang secara langsung dapat menikmati kemudahannya adalah masyarakat dan perangkat desa/kelurahan itu sendiri. Masyarakat tidak lagi harus membuang waktu terlalu lama untuk mengurus surat-surat di kantor desa, yang petani segera bisa kembali bertani, yang pedagang juga segera bisa kembali berdagang, yang ibu rumah tangga segera bisa pulang menyelesaikan pekerjaan rumahnya, dan begitu seterusnya. Sementara perangkat desa bisa punya waktu leih banyak untuk berinteraksi dengan warganya, dan pada gilirannya ini akan meningkatkan kualitas hubungan sosial kemasyarakatan antara pejabat pemerintah desa dengan rakyatnya.

III. SIMADE MEMPUNYAI PERAN STRATEGIS DALAM ERA TEKNOLOGI INFORMASI

Menghadapi situasi global dimana tuntutan masyarakat semakin komplek, kesibukan semakin menumpuk, maka efisiensi waktu dan efektifitas kerja menjadi sesuatu yang sangat mendesak.
Orang tidak lagi bisa seenaknya menggunakan waktunya. Semua menuntut pekerjaan apapun bisa dilakukan dengan cepat dan akurat. Dalam hal inilah Program Simade bisa mengambil peran yang cukup strategis. Program SimaDe sangat mengerti dengan tuntutan jaman. Pada saatnya nanti kantor desa / kelurahan tidak lagi dipenuhi dengan dokumen-dokumen yang memenuhi rak atau almari buku. Karena semua dokumen bisa disimpan dalam bentuk file digital. Itu artinya disamping tidak lagi diperlukan almari buku untuk menyimpan dokumen, pencarian dokumen akan sangat mudah dilakukan dengan format SimaDe.
Hanya dengan satu keping CD atau Flash Disk mungkin akan setara dengan dokumen satu almari. Semua menjadi mudah dan sederhana. Bahkan pada saatnya nanti sudah dibangun system online antara desa dengan kecamatan atau kabupaten, maka pertukaran data, kegiatan mutasi dapat langsung dilaporkan atau dipantau oleh instansi di atasnya. Sebuah era dimana jarak dan waktu tidak lagi menjadi kendala. Dalam situasi inilah SimaDe mempunyai peran yang strategis dalam rangka menyongsong kemajuan teknologi.

IV. SAATNYA SIMADE BEKERJA UNTUK DESA.

Dengan melihat begitu banyaknya manfaat dari penggunaan Program SimaDe ini, kami beranggapan tidak ada alasan lagi untuk menunda pemakaian Program SimaDe ini di desa/kelurahan Bapak/Ibu. Sudah saatnya aparat desa bisa memberikan pelayanan cepat kepada rakyatnya. Salah satunya dengan membuat system pelayanan one gate service atau lebih kita kenal dengan istilah layanan satu pintu.
Sudah saatnya juga desa/kelurahan yang Bapak/Ibu pimpin menjadi generasi awal dari sebuah perubahan. Dari era lama menuju era baru, dari bekerja secara manual menuju kerja modern. Jadikan kepemimpinan Bapak/Ibu menjadi tonggak sejarah dari sebuah perubahan yang menuju pemerintahan modern yang mampu memberikan pelayanan prima terhadap rakyatnya.
Apakah desa/kelurahan Bapak/Ibu akan menjadi bagian dari sejarah perubahan ini , Andalah yang memutuskan………………………..

S e l a m a t !!!!!!!!!!!




Contact Person : DENI SETIA WAHYUDI
081 220 485 615
0274-821 2855

6 komentar:

Unknown mengatakan...

PAGI BOZZZ.....APLIKASI INI BISA DI GUNAKAN SETIAP DAERAH GAK GAN?

Deni Setia Wahyudi mengatakan...

Bisa digunakan ditiap daerah boss asal masih Indonesia

Unknown mengatakan...

gmna klo didaerah atau desa dipedalaman yg offline???slm dr kalbar....

Deni Setia Wahyudi mengatakan...

Simade Aplikasi Berbasis Desktop yang tidak memerlukan jaringan internet jadi meskipun berada di pedalaman Simade masih bisa dipakai, kami di jogjakarta.

Unknown mengatakan...

info lebih lanjut bis kontak ke mana pak?

Deni Setia Wahyudi mengatakan...

Langsung Kontak Ke 081220485615