PERSONAL KONTAK

DENI SETIA WAHYUDI 081 220 485 615

Selasa, 06 April 2010

Mengenal Lebih Jauh Tentang SimaDe (Sistem Informasi Manajemen Desa)


Desa atau kelurahan merupakan komponen terpenting dari sistem pemerintahan yang dapat menunjang tersedianya kelengkapan, akurasi dan semua hal yang berhubungan dengan seluruh sistem fundamental data kependudukan.
Sistem Informasi Manajamen Desa (SiMaDe) adalah sekumpulan subsistem yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan saling berinteraksi dan bekerjasama antar bagian satu dengan yang lainnya untuk melakukan fungsi pengolahan data, menerima masukan (input) berupa data, kemudian mengolahnya (Processing) dan mengeluarkan keluaran (output) berupa informasi untuk mendukung kegiatan operasional dan managerial dalam sistem data di desa/ kelurahan.

Keunggulan “SiMaDe”

1. Sederhana
SiMaDe didesain dengan sederhana dan tampilan menarik (feature) jadi memudahkan meskipun didalamnya berisi data-data yang sangat kompleks di kantor desa/kelurahan. Penghubung / antar muka (interface) komponen SiMaDe bertugas untuk menjembatani hubungan antar komponen dalam sistem penghubung/ antar muka (interface) yang memungkinkan setiap komponen berinteraksi dan berkomunikasi dalam rangka menjalankan fungsi masing-masing komponen.

2. Lengkap dan Memenuhi Kebutuhan
SiMaDe bekerja dengan cara mengolah database kependudukan lebih dari 30 kebutuhan administrasi desa/kelurahan karena dilengkapi oleh basis data dan bagian pengolah yang mampu mengolah data dengan baik untuk memenuhi segala kebutuhan informasi secara mudah sehingga memudahkan monitoring terhadap jalannya pemerintahan desa/kelurahan..

3. Cepat, Teliti dan Mengurangi Ketidakpastian (accuracy)
Input Data yang valid akan menghasilkan output data sesuai yang diharapkan, SiMaDe dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan penyajian informasi profil desa dengan sangat cepat dan akurat. Untuk mendapatkan satu data waktu proses sampai dengan penyelesaian informasi yang didapatkan tidak kurang dari 2 menit.

4. Menuju Desa Berbasis Teknologi Informasi
Era teknologi informasi memungkinkan pelayanan one stop service (layanan satu pintu) sehingga memudahkan, menyederhanakan dan waktu yang relative yang sangat cepat. Dokumentasi dan pengarsipan seluruh database yang biasanya lebih dari satu lemari sekarang dimungkinkan hanya disimpan dari satu flashdisk atau CD sehingga tidak memerlukan tempat yang terlalu luas dan memudahkan pendokumentasian dan pencarian data untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Sebuah sistem pelayanan publik yang dicita-citakan bersama secara transparan, akurat, lengkap, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.

5. Saatnya SiMaDe Membantu
SiMaDe dirancang untuk membantu sistem pelayanan kependudukan dan database bagi desa/ kelurahan sehingga program ini sudah saatnya mulai teraplikasi secara luas untuk menunjang kinerja sistem pemerintahan desa. Karena didukung oleh pemprogram (programmer) SiMaDe yang berkualitas dan ditunjang dengan pelatihan komprehensif di desa/ kelurahan dengan pelatihan tatap muka dan sistem online.

Pelayanan dan Fasilitas SiMaDe

1. Akurasi Data Penduduk
Program untuk melakukan update data penduduk sehingga mendapatkan data penduduk secara akurat.

2. Akurasi Data Pemilih Sementara dan Data Pemilih Tetap
Untuk mendapatkan data pemilih sementara (DPS) dan data pemilih tetap (DPT) yang dirancang untuk berbagai macam kebutuhan baik pemilu, pemilihan kepala desa atau berbagai macam pemilihan lainnya. Program ini akan langsung mengupdate penduduk yang berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat dilaksanakan pemilihan umum.

3. Kemudahan Pencarian Data Penduduk
Fasilitas untuk memudahkan pencarian data penduduk.

4. Daftar Keluarga Miskin
Digunakan untuk memudahkan pencarian data keluarga miskin.

5. Pelayanan Surat Menyurat
Terdapat 10 Jenis layanan surat menyurat yaitu:
a. Surat Keterangan Lahir
b. Surat Keterangan Untuk Menikah (N1-N7)
c. Surat Keterangan Kematian
d. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
e. Surat Keterangan/Pengantar
f. Surat Keterangan Wali
g. Surat Keterangan Belum Pernah Menikah.
h. Surat Keterangan Janda/Duda
i. Surat Keterangan Tidak Mampu
j. Surat Pengantar Kartu Keluarga (KK)
k. Surat Pengantar KTP
l. Surat Pengantar Akte Kelahiran
m. Surat Mutasi
     - Surat Lahir (Mutasi Lahir)
     - Surat Kematian (Mutasi Mati)
     - Surat datang (Mutasi Datang)
     - Surat Pindah (Mutasi Pindah)

6. Laporan Mutasi
Informasi tentang mutasi penduduk, baik yang datang, pergi, meninggal dan lahir secara berkala.

7. Laporan Bulanan
Informasi tentang mutasi penduduk per bulan.

8. Rekap Jumlah Penduduk
Informasi rekapitulasi data penduduk yang berisi:
a. Informasi jumlah penduduk per tanggal
b. Jenis kelamin
c. Pendidikan
d. Agama
e. Pekerjaan
f. Kewarganegaraan
g. Golongan Darah
h. Status Perkawinan
i. Jumlah Kepala Keluarga
j. Data penduduk berdasarkan usia tertentu

9. Agenda Surat Keluar
Informasi yang berisi laporan agenda surat keluar yang tersusun berurutan secara otomatis.

10. Jumlah Kas
Informasi tentang jumlah kas masuk secara otomatis dari layanan surat menyurat.

11. Cetak Data Kependudukan
Berisi tentang data penduduk secara keseluruhan dan per wilayah (per dusun, per RT, per RW).

12. Informasi Kependudukan
Informasi yang berisi tentang:
a. Usia Balita
b. Usia Wajib Belajar
c. Pendidikan
d. Pekerjaan
e. Agama
f. Golongan Darah
g. Status Perkawinan
h. Data Keluarga Miskin (Dakin per RT)
i. Data Penduduk berdasarkan kelompok usia tertentu

13. Informasi Kartu Keluarga
Berisi tentang Kutipan Kartu Keluarga.

KESIMPULAN:
Semua Fitur di atas mampu menyajikan data dengan pola yang sangat cepat dan dengan tingkat akurasi data yang tinggi. Saatnya SIMADE membantu meringankan tugas perangkat desa sekaligus mampu memberikan pelayanan Prima kepada warga masyarakat Desa. Mari kita sinergikan semua potensi untuk memajukan Desa, kita jadikan Pemerintahan Desa Masa Kini menjadi Pamerintah Desa Berbasis Teknologi Informasi……….

Tidak ada komentar: