PERSONAL KONTAK

DENI SETIA WAHYUDI 081 220 485 615

Sabtu, 05 Oktober 2013

SiMaDe (Sistem Informasi Manajemen Desa), Telah bekerja di lebih 1000 desa


Saat ini Program Simade (Sistem Informasi Manajemen Desa) setidaknya telah dioperasikan di lebih dari 1000 desa tersebar di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Kab. Sleman, Kab. Bantul, Kab. Kulonprogo, Kab. Gunung Kidul), Provinsi Jawa Tengah (Kab. Klaten, Kab. Magelang, Kab. Pekalongan, Kab. Pati, Kab. Wonosobo, Kab. Karanganyar, Kab. Boyolali, Kab. Demak, Kab Purworejo, Kab Wonogiri, Kab Sukoharjo, Kab Sragen), Provinsi Jawa Timur (Kab Jember, Kab Ngawi), Provinsi Jawa Barat (Kab. Subang, Kab Bandung, Kab Kuningan, Kab Bekasi, Kab Sukabumi, Kab. Tangerang, Kab Cirebon), Provinsi Kalimantan Barat (Kab. Landak), Provinsi Kalimantan Timur (Kab. Paser, Kab Kutai kartanegara), Provinsi Riau (Kab. Indragiri Hilir, Kab Siak), Provinsi Lampung (Kab Pesawaran). Kami tentu turut berbangga dengan telah dipakainya program Simade ini. Ini adalah wujud nyata dari kemajuan Desa. Saat ini Teknologi Informasi tidak lagi monopoli masyarakat perkotaan, lembaga swasta, ataupun orang-orang yang mengatakan dirinya orang modern. Fakta telah diterapkannya Simade di berbagai desa, adalah bukti yang tidak terbantahkan bahwa, masyarakat desa sekalipun saat ini akan sulit atau bahkan tidak mungkin menghindar dari derasnya pengaruh Teknologi Informasi.

Pemerintah Desa yang semula juga termarginalkan dalam hal teknologi, bahkan ada stigma atau anggapan kalau desa selalu menjadi bagian akhir dari kemajuan teknologi mesti kita lawan. Pemerintah Desa juga berhak atas kemajuan teknologi. Sudah saatnya kita bergandeng tangan, bersinergi, menyatukan persepsi bahwa Pemerintah Desa sama sekali tidak akan kalah dibandingkan dengan lembaga atau institusi lainnya. Apalagi posisi Pemerintah Desa adalah posisi yang sangat strategis. Bagaimana tidak, Pemerintah Desa menjadi institusi pertama yang selalu bersentuhan dengan masyarakat. Posisi ini sangat menuntut kesempurnaan di semua hal, utamanya tentang pelayanan masyarakat. Masyarakat modern saat ini selalu menuntut pelayanan terbaik, terlebih dalam hal kecepatan pelayanan. Mereka merasa waktu menjadi hal yang sangat berharga, sehingga mereka berpikir untuk selalu bisa cepat dalam mengerjakan apapun. Tentu saja termasuk ketika mereka mempunyai kepentingan di kantor desa. Hal inilah yang mendorong kami untuk terus konsen memberikan pendampingan kepada Pemerintah Desa dalam hal penerapan Teknologi Informasi. SIMADE mengambil peran penting untuk segera terciptanya PEMERINTAH DESA YANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI.

Tidak ada komentar: